Kartu Prakerja

Apakah anda, teman, atau saudara anda sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan saat ini? Atau anda Pengusaha yang terpaksa harus melakukan PHK dan ingin membantu membimbing karyawan anda agar mendapatkan manfaat Kartu Prakerja? Jika iya, semoga artikel ini bisa membantu anda memahami dan ikut berpartisipasi dalam program pemerintah “Kartu Prakerja”.

Apa itu Kartu Prakerja? 

Mengutip dari website resmi Pemerintah (https://www.prakerja.go.id/tentang-kami), Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Siapa saja yang boleh Ikut Kartu Prakerja?

Warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Orang yang saat ini memiliki pekerjaan juga diperbolehkan untuk ikut mendaftar.

Manfaat Kartu Prakerja apa saja?  

  1. Saldo Rp. 1.000.000 untuk mengikuti pelatihan keterampilan. (Ini tidak bisa digunakan untuk belanja, hanya bisa untuk membeli paket pelatihan online atau pun offline melalui mitra platform digital).
  2. Insentif sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan bagi yang telah mendaftar, lulus seleksi, dan menyelesaikan pelatihan dengan baik sehingga mendapatkan sertifikat elektronik.
  3. Insentif Rp. 50.000 per survey. Setelah menyelesaikan pelatihan, Peserta akan diberikan survey, dan setiap kali menyelesaikan survey tersebut peserta akan diberikan insentif Rp. 50.000. Total akan ada 3 survey.

Sehingga jika di total, maka Kartu Prakerja ini akan memberikan manfaat sebesar Rp. 3.550.000 per Peserta. Untuk insentif akan di transfer ke rekening BNI Peserta, atau ke saldo dompet elektronik untuk Platform Pembayaran Digital yang bekerja sama dengan Pemerintah yaitu OVO, Link Aja, dan Gopay.

Ringkasan Alur Kartu Prakerja

ringkasan

Secara ringkas, Pemerintah bekerja sama dengan Mitra Pembayaran Kartu Prakerja untuk menyalurkan insentif kepada Peserta. Kemudian, Peserta bisa mengambil pelatihan sesuai dengan minat melalui Mitra Platform Digital yang bekerja sama dengan Pemerintah. Melalui Platform tersebut Peserta dapat memilih kursus yang diinginkan. Lalu kemudian tenaga ahli professional dapat ikut berpartisipasi menjadi pengajar atau penyedia materi pelatihan melalui Mitra Platform Digital tersebut. Berikut ini contoh tampilan ketika Penulis mencoba untuk mencari kelas untuk Program Kartu Prakerja melalui Tokopedia:

tokopedia

tokopedia2

Bagaimana cara ikut Kartu Prakerja? 

Mengutip dari website resmi Kartu Prakerja, secara ringkas hanya dibutuhkan 7 langkah:

  1. Daftarkan diri anda.
  2. Ikuti seleksi. Yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar. Kemudian tunggu pengumuman kelulusannya.
  3. Pilih pelatihan yang diminati melalui Mitra Platform Digital Resmi, lakukan pembayaran menggunakan saldo Kartu Prakerja.
  4. Ikuti pelatihan sampai selesai untuk mendapatkan sertifikat elektronik.
  5. Beri ulasan dan rating terhadap materi pelatihan.
  6. Setelah menyelesaikan langkah 1 – 5, insentif sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan akan mulai diberikan.
  7. Insentif Rp. 50.000 per survey akan diberikan setelah selesai memberikan survey.

Berikut beberapa screenshot ketika Penulis coba mendaftarkan diri ke Program Kartu Prakerja:

  1. Buka tautan berikut: https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Isi email dan password anda, kemudian tekan tombol “Daftar”.
    0
  2. Kemudian masukkan nomor KTP dan tanggal lahir anda sesuai KTP. Kemudian tekan tombol “Lanjutkan”.
    1
  3. Lengkapi biodata anda sesuai dengan KTP, upload juga soft copy KTP anda (bisa difoto dengan handphone, ukuran gambar maksimal 2 MB), serta anda diwajibkan untuk mengambil foto selfie sambil pegang KTP. Untuk “Topik Pelatihan Yang Ingin Diikuti”, silakan pilih topik yang anda minati. Kemudian tekan tombol “Lanjutkan”.
    2
  4. Masukkan nomor handphone anda. Pastikan nomor handphone yang anda masukkan adalah nomor handphone yang anda gunakan untuk Gopay atau OVO. Tekan tombol “Kirim”. Anda akan menerima SMS dari “CITCALL”, masukkan kode OTP yang anda terima ke website.
    3
  5. Anda akan menerima email verifikasi, klik tombol Verifikasi di inbox email anda.
    33
  6. Setelah selesai verifikasi, lakukan login ke akun Kartu Prakerja anda menggunakan email dan password tadi. Lalu anda perlu menjawab beberapa pertanyaan awal, seperti:
    4
    5
  7. Setelah itu anda mulai ambil tes motivasi dan kemampuan dasar, berikut Penulis cuplik beberapa contoh soalnya:
    9
    11
    Cukup banyak pertanyaan yang disertai gambar di soalnya, tetapi gambarnya tidak muncul pada saat Penulis ikut tes. Jadi sepertinya perlu faktor keberuntungan juga untuk lolos tes ini:
    a
    b
  8. Setelah menyelesaikan tes tersebut, anda perlu memilih lewat platform pembayaran yang mana anda ingin menerima insentif setelah menyelesaikan pelatihan online:
    aa
    bb
    cc
  9. Baik. Selesai. Setelah ini anda tinggal menunggu informasi kelulusan dan kemudian memilih gelombang peserta, lalu memilih dan menjalani pelatihan sesuai dengan minat.

Semoga artikel ini membantu ya.

This entry was posted in Serba Serbi. Bookmark the permalink.

Leave a comment